500 Miliar Dana PEN untuk Merubah Wajah Kota Gorontalo

  • Kamis, 14 Januari 2021 - 16:27:53 WITA
  • Administrator
  • 239x
500 Miliar Dana PEN untuk Merubah Wajah Kota Gorontalo

Gorontalo, (14/12/2021), Dinas Pupr Kota Gorontalo melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Persiapan pelaksanaan program / kegiatan Infrastruktur Tahun Anggaran 2021 bertempat di Ballroom hotel Kota Gorontalo.

Dalam sambutannya Meidy menyampaikan bahwa Total Anggaran Fisik Yang Dikelola Dinas Pupr Kota Gorontalo Sebesar Rp299.285.369.654,- dengan berbagai sumber dana yaitu dana Pinjaman Daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk 6 kegiatan, sumber dana DAU untuk 54 paket yang tersebar di Bidang Cipta Karya, Bina Marga, dan Sumber Daya Air,  sumber dana DAK untuk bidang jalan, air minum dan sanitasi, sumber dana DID untuk program pengembangan jasa konstruksi, serta sumber dana corporate social responsibility (CSR) pada bidang Sumber Daya Air berupa konstruksi saluran di wilayah genangan air dan rawan banjir (kelurahan talumolo). “Kenaikan anggaran 1189% untuk infrastruktur di pada tahun 2021 ini butuh ketekunan yang luar biasa sehingga pentingnya rapat pada pagi hari ini ” pungkasnya.

Lebih lanjut Walikota Gorontalo juga mengapresiasi perjuangan dari seluruh jajaran Pemerintah Kota Gorontalo karena berkat perjuangan dan usaha semua pihak, Kota Gorontalo memperoleh Pinjaman Daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp. 294.552.448.718, untuk membiayai 6 Kegiatan yaitu Penataan Jalan Nani Wartabone, Pembangunan Pusat Kuliner Kalimadu, Optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (Spam) Kota Gorontalo, Revitalisasi Kawasan Pusat Perdagangan dan Pembangunan Kota Baru yang akan merubah wajah Kota.

Sementara dari Pihak Provinsi Gorontalo dalam hal ini Kepala Dinas PUPR Provinsi Handoyo Sugiharto mengatakan Kegiatan Infrastruktur Provinsi Gorontalo tahun 2021 di Kota Gorontalo berasal dari Anggaran DAU sebesar Rp. 4.425.000.000 terdiri dari kegiatan Rekonstruksi Jl. Taman Anggrek, pembuatan paving blok kel. Wumialo, lorong masjid nurul illahi kel. Limba U1, Jalan Taman Bunga kel. Moodu, revitalisasi Gedung Pramuka Provinsi Gorontalo Rehabilitasi Gedung DPRD Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan Pembangunan Gedung Arsip BKPG. Tidak hanya DAU, Pemerintah Provinsi Gorontalo juga akan mengucurkan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk Kota Gorontalo sebesar Rp. 133.643.630.000,- yang terdiri dari beberapa kegiatan seperti Pembangunan kanal banjir tanggidaa, pembangunan statiun pompa air tanggidaa, pembangunan jalan Tenilo – Pilolodaa – Iluta serta Rekonstruksi Jalan Prof. Dr. Jhon. Ario Katili.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Walikota Gorontalo, serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto , Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Gorontalo Meidy N. Silangen, S.Pi., M.Si., Kepala – Kepala Bidang, Tim Teknis dari Universitas Negeri Gorontalo serta pihak – pihak terkait dengan Infrastruktur Kota Gorontalo.

Berkat perjuangan kita semua pihak jajaran Pemerintah Kota Gorontalo, kita memperoleh Pinjaman Daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp. 294.552.448.718, untuk membiayai 6 Kegiatan yaitu Penataan Jalan Nani Wartabone, Pembangunan Pusat Kuliner Kalimadu, Optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (Spam) Kota Gorontalo, Revitalisasi Kawasan Pusat Perdagangan dan Pembangunan Kota Baru.

  • Kamis, 14 Januari 2021 - 16:27:53 WITA
  • Administrator
  • 239x

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada berita terkait