Sosialisasi Dan Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Dak Cadangan Sanitasi T.A 2021

  • Kamis, 28 Oktober 2021 - 16:43:45 WITA
  • Administrator
  • 2803x
Sosialisasi Dan Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Dak Cadangan Sanitasi  T.A 2021

Gorontalo (28/10/2021), Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Gorontalo kembali melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas DR. Eng. Rifadli Bahsuan, ST., MT.

Kegiatan  dilaksanakan usaha untuk meningkatkan pengetahuan bagi KSM dan TFL yang dan sebagai bentuk dukungan terhadap Program Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Air Limbah dan Program Pengembangan Sistem dan Pengelolaan Persampahan Regional pada Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tahun Anggaran 2021.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan dan peningkatan kapasitas Kelompok Swadaya Masyrakat (KSM) dan Tenaga Fasilitator Lapangan dalam kegiatan  sanitasi berbasis masyarakat” ujar Kepala Bidang Cipta Karya Zainuddin Monoarfa, ST.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR juga turut menyampaikan dalam sambutanya bahwa penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan  ini merupakan bagian penting dari  pelaksanaan kegiatan DAK bidang sanitasi ataupun program sanitasi berbasis masyarakat, dalam rangka memberikan pemahaman dan presepsi yang sama mengenai akses penduduk terhadap fasilitas prasarana dan sarana air limbah permukiman atau sanitasi yang layak, serta mendukung percepatan pembangunan sanitasi melalui peningkatan akses layanan sanitasi di kab/kota prioritas pengembangan wilayah dalam rpjmn 2020-2024.

Rifadli juga berharap agar KSM dapat menjalankan pekerjaan ini sesuai (JUKNIS) Petunjuk Teknis pelaksanaan dana DAK Sanitasi Tahun 2021 dan melakukan koordinasi yang terarah dengan Dinas, terkait pertanggungjawaban penggunaan dana untuk sebaik-baiknya sesuai peraturan yang ada, serta tertib aturan dan administrasi.

Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan ini di Moderatori oleh Sekretaris Dinas PUPR Kota Gorontalo Ir. Hj. Asna Kasim yang diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari Kelompok Swadaya Masyarakat, Tenaga Fasilitator Lapangan serta dihadiri oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air, Bina Marga, Penataan Ruang dan juga Pemateri dari BP2W yang menyampaikan tentang Sanitasi Berbasis Masyarakat & Perencanaan Jaringan Perpipaan Air Limbah Komunal dan Perencanaan IPAL, Pemateri dari Inspektorat Kota Gorontalo dengan materi Pengawasan sekaligus Pengendalian Program Kegiatan dan juga dari Badan Keuangan Kota Gorontalo dengan materi Administrasi KSM & Penyusunan Laporan Pertanggung jawaban. (Zh)

  • Kamis, 28 Oktober 2021 - 16:43:45 WITA
  • Administrator
  • 2803x

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada berita terkait